Bill Gate (Microsoft Corporation)

14 12 2008

bill-gate
BILL GATES
Pendiri & Chief Software Architect Microsoft Corporation

William H.Gates adalah pimpinan dan Chief Software Archtect Microsoft Corporation. Perusahaan yang menguasai pembuatan perangkat lunak, service, dan teknologi internet untuk komputasi tingkat perorangan dan bisnis. Microsoft memiliki penghasilan sebesar $32.19 miliar untuk tahun fiskal yang berakhir pada Juni 2003, dan telah mempekerjakan karyawan sebanyak lebih dari 54.000 orang di 83 negara.

Dilahirkan pada tanggal 28 oktober 1955, Gates besar di Seattle dengan 2 orang saudara perempuannya. Ayah mereka, William H. Gates II, adalah seorang pengacara di kota Seattle. Ibu mereka, Mary Gates adalah seorang guru sekolah, wali/pengawas di Universitas Washington, dan ketua (wanita) di United Way International.

Gates masuk ke sekolah dasar umum dan sekolah swasta Lakeside School. Di sana, ia mengembangkan ketertarikannya di bidang perangkat lunak komputer dan mulai melakukan pemrograman komputer di usai 13 tahun.

Pada tahun 1973, Gates masuk ke Universitas Harvard sebagai mahasiswa tahun pertama. Di sana, ia tinggal dekat tempat Steve Balmer, yang sekarang adalah CEO Microsoft. Sambil kuliah di Harvard, Gates mengembangkan sebuah versi dalam bahasa pemrograman BASIC yang pertama kali dipakai untuk mikrokomputer yaitu MITS Altair.

Pada tahun awal kuliah, Gates langsung meninggalkan Harvard untuk mencurahkan segala tenaganya untuk mengembangkan Microsoft, perusahaan yang didirikannya pada tahun 1975 dengan teman sepermainannya, Paul Allen. Dituntun atas keyakinan yang tinggi bahwa komputer akan menjadi alat yang bernilai di setip meja kantor dan di setiap rumah, maka mereka mulai mengembangkan perangkat lunak untuk komputer personal yang saat ini telah menjadi pusat atas kesuksesan Microsoft dalam industri perangkat lunak.

Di bawah kepemimpinannya, Microsoft terus-menerus meningkatkan teknologi perangkat lunak, dan untuk membuatnya lebih mudah, lebih cost-effective dan lebih bisa dinikmati untuk orang-orang yang menggunakan komputer. Perusahaan ini telah memiliki komitmen untuk rencana jangka panjang. Ini direfleksikan dalam investasinya yang lebih dari $6.8 miliar untuk riset dan pengembangan pada tahun fiskal 2003.

Tahun 1999, Gates menulis buku berjudul Business @ The Speed of Thought, sebuah buku yang menggambarkan bagaimana teknologi komputer dapat menyelesaikan permasalahan bisnis yang pada dasarnya merupakan cara-cara baru. Buku ini diterbitkan dalam 25 bahasa dan tersedia pada lebih dari 60 negara. Business @ The Speed of Thought menerima sambutan yang sangat meriah dan terdaftar sebagai buku best seller di New York Times, USA Today, The Wall Street Journal dan Amazon.com. Buku Bill Gates sebelumnya, The Road Ahead diterbitkan tahun 1995 sempat menduduki puncak no. 1 di New York Times selama 7 minggu sebagai buku best seller.

Gates menyumbangkan hasil penjualan buku tersebut ke organisasi-organisasi non profit yang mendukung penggunaan teknologi dalam pengembangan pendidikan dan kemampuan.

Sebagai bukti cintanya dengan komputer dan perangkat lunak, Gates yang sangat gemar membaca dan senang bermain golf dan bridge ini sangat memberikan perhatian dalam bidang bioteknologi. Ia memiliki jabatan di dalam ICOS, sebuah perusahaan yang memiliki spesialisasi di bidang pengobatan berbasis protein dan molekul kecil, dan ia adalah investor dalam berbagai perusahaan bioteknologi lainnya. Gates juga mendirikan Corbis, yang mengembangkan satu dari sumber daya terbesar di dunia yang menyediakan informasi visual, yaitu arsip digital yang lengkap dan komprehensif mengenai seni dan fotografi dari koleksi publik atau pribadi di seluruh dunia.

Kedermawanan juga penting bagi miliuner yang menikah pada tanggal 4 Januari 1994 dengan Melinda French Gates tersebut. Ia dan istrinya, Melinda, dikaruniai 3 anak, mereka membantu mendirikan yayasan dengan jumlah bantuah lebih dari $24 miliar, untuk mendukung insentif sumbangan dalam bidang kesehatan dan pendidika global, dengan harapan agar dapat menyongsong abad 21, dan lebih jauh lagi, area-area penting ini akan bisa dinikmati oleh semua orang. Selama ini, Bill dan Melinda Gates Foundation telah menyalurkan lebih dari $3.2 miliar untuk berbagai organisasi yang bekerja secara global di bidang kesehatan; lebih dari $2 miliar untuk meningkatkan kesempatan/peluang belajar, termasuk Gates Library Initiative untuk membawa komputer, Interne Access dan pelatihan ke perpustakaan publik dalam komunitas yang berpenghasilan rendah di United States dan Kanada; lebih dari $477 juta untuk proyek-proyek komuntas di daerah Pacific Northwest; dan lebih dari $488 juta ke proyek khusus dan pada acara kampanye tahunan.

Posted By : Evan Yofiyanto @ Evan’s Blog : Kuliah Informatika (kuliahinformatika.wordpress.com)

[FREAX]


Actions

Information

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: