Bill Joy ( BSD & SUN Microsystems )

14 12 2008

bill-joy

BILL JOY
Principal Designer Berkeley Unix (BSD)
Pendiri & Chief Scientist Sun Microsystems

Bill menerima gelar B.S.E.E (Bachelor of Science Electrical Engineering) dari Universitas Michigan di tahun 1975. Kemudian, ia melanjutkan pendidikan ke University of California Barkeley, di mana ia mendapat gelar Master of Science di bidang Teknik Elektro dan Ilmu Komputer. Di sana pula, selama beberapa tahun ia menjadi ketua perancang unix versi Barkeley (BSD), sebelum kemudian ia dan kelompoknya mendapat dukungan dari DARPA (Defense Advenced Research Projects Agency) untuk melanjutkan proyek tersebut. Proyek ini kemudian menjadi tulang punggung dari konsep “Open Source”.

Tahun 1982, ia menjadi salah satu pendiri Sun Microsystems. Inc (yang kemudian membuat namanya dikenal luas). Perusahaan ini dikenal sebagai salah satu perusahaan teknologi komputer ternama, dengan menghasilkan Solaris Software, “SPARC microprocessors” (Generasi prosesor yang ditujukan untuk jaringan), dan teknologi Java. Yang kesemuanya itu sedikit banyak adalah karyanya. Di sana ia menjabat sebagai kepala peneliti dan juga salah satu pejabat eksekutif.

Di tahun 1977, Joy ditunjuk oleh Presiden Clinton sebagai Wakil Ketua Komite Penasihat Teknologi Informasi Kepresidenan. Komite ini menyediakan panduan dan nasihat di bidang komputerisasi tingkat tinggi, komunikasi dan teknologi informasi untuk mengakselerasi pengembangan dan pengadopsian teknologi informasi yang vital.

Akhir-akhir ini Bill berkonsentrasi dalam pengembangan Jini (Teknologi komputerisasi tersebar, menggunakan teknologi Java) dan Sun Community Source Licensing (SCSL, sebuah model yang ditujukan untuk mengizinkan perusahaan saling berbagi properti intelektual mereka dalam bentuk “source”). Bill memiliki visi agar komputer dapat jauh lebih mudah digunakan, dan bahwa informasiini seharusnya tersedia di mana saja dan bisa didapatkan melalui jaringan dalam batas penerapan. Oleh karena visinya ini, dapat kita lihat bahwa hasil karya Bill, lebih banyak berorientasi jaringan yang bersifat general, dan mudah digunakan. Sehingga majalah Fortune menjulukinya “Edison of The Internet”. Ambisinya adalah mengembangkan teknologi yang dapat membuat komputer mampu saling “berbicara” dan menyisakan manusia pekerjaan yang jauh lebih menarik. Bill termasuk salah seorang ahli komputer yang sangat produktif, saat ini ia telah menerbitkan 44 hak paten, 10 diantaranya masih dalam tahap pengesahan. Bill menyukai ski, hiking, dan teater. Selain itu, ia juga seorang pembaca buku yang “akut”. Saat ini, ia tergabung sebagai anggota Dewan Direktur “Novel Corporation” (Perusahaan yang bergerak dalam jurnalistik teknologi informasi)

Posted By : Evan Yofiyanto @ Evan’s Blog : Kuliah Informatika (kuliahinformatika.wordpress.com)

[FREAX]


Actions

Information

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: