Gordon Moore (Hukum Moore & Intel Corporation)

14 12 2008

gordon-moore

GORDON MOORE
Chairman Emeritus Intel Corporation
Penemu Hukum Moore

Gordon E. Moore adalah Chairman Emeritus perusahaan mikroprosesor terkenal di jagad ini, yaitu Intel Corporation. Moore adalah salah satu pendiri Intel pada tahun 1968, dengan jabatan pertama kali sebagai Executive Vice President. Ia menjabat sebagai President dan Chief Executive Officer pada tahun 1975 hingga tahun 1979 diadakan pemilihan Chairman dan Chief Executive Officer (CEO) kembali. Ia memegang jabatan tersebut hingga 1987 dan kemudian menduduki jabatan Chairman Emeritus tahun 1997.

Gordon Moore dikenal luas sebagai penemu “Moore’s Laws (Hukum Moore)”, yang mana isi hukum tersebut menyatakan bahwa jumlah transistor yang dapat ditempatkan dalam sebuah chip komputer akan bertambah 2 kali setiap 18 bulan (2 kali masa kandungan manusia). Hukum Moore ini menjadi acuan utama bagi industri penghasil chip semikonduktor untuk menghasilkan chip yang powerful dengan biaya rendah.

Moore yang dilahirkan di San Fransisco, California, 3 Januari 1929 ini menyandang gelar B.S. bidang Kimia dari Universitas California, Berkeley, dan gelar Ph.D bidang Kimia dan Fisika dari Institut Teknologi California.

Moore pernah menjabat sebagai direktur Gilead Sciences Inc, anggota National Academy of Engineering dan anggota IEEE. Moore juga anggota Dewan Komisaris Institut Teknologi California. Ia menerima penghargaan National Medal of Technology dari mantan presiden George Bush tahun 1990.

Posted By : Evan Yofiyanto @ Evan’s Blog : Kuliah Informatika (kuliahinformatika.wordpress.com)

[FREAX]


Actions

Information

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: