Ketergantungan Terhadap Internet

18 12 2008

Internet

Internet

Bagian Dari Gaya Hidup Manusia Modern

Pada era modern ini, internet tidak lagi menjadi barang mewah yang hanya dapat dinikmati oleh masyarakat menengah ke atas saja. Internet telah menyentuh masyarakat kalangan bawah, bahkan anak – anak sekolah dasar pun sudah mulai mengenal internet. Internet telah menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat modern. Setiap hari, berjuta – juta orang mengakses internet untuk berbagai keperluan. Dari mulai hanya sekedar chatting, email, browsing, social networking, hingga berbisnis lewat internet.

Sadar atau tidak, sebagian orang kini sedang mengalami ketergantungan terhadap internet. Dapat dilihat, jika seseorang sudah berselancar di dunia maya lewat internet, dia bisa sampai lupa dengan kehidupan nyata yang sedang dia jalani saat ini. Seseorang dapat bertahan berjam – jam di depan layar monitor untuk menikmati internet. Banyak orang yang telah mengalami sindrom ketergantungan internet. Mereka yang mengalaminya akan merasakan stress jika tidak mengakses internet. Sebagian orang bahkan merasa bahwa kehidupan kesehariannya kurang lengkap bila belum mengakses internet. Bahkan, untuk sekedar berbincang – bincang dengan teman yang duduk tidak jauh darinya, seorang pengguna internet lebih menyukai jika berbicara melalui messanger seperti yahoomessanger contohnya. Hal ini bukan lagi menjadi rahasia. Karena saya melihat hal tersebut benar – benar terjadi di jurusan saya, Teknik Informatika. Sehingga, bisa jadi dengan adanya hal tersebut, sosialisasi antar manusia menjadi berkurang. Pengguna internet lebih suka berkomunikasi dengan layar monitor yang dapat menghubungkannya ke penjuru dunia dari pada berkomunikasi face-to-face  dengan teman bicaranya.

Banyak pula bisnis yang berjalan di atas platform internet. Bisnis saham,  layanan perbankan, maupun belanja kini bisa dilakukan lewat internet. Banyak uang yang beredar dalam jalur bisnis internet ini. Bagaimana jadinya jika suatu saat koneksi internet putus ? Seperti halnya yang sempat terjadi beberapa bulan lalu ketika jaringan backbone internet di laut Cina Selatan putus karena gempa. Tentu bisnis dunia akan rugi milyaran rupiah bahkan lebih.

Semua ini perlu disadari bahwa memang zaman modern telah mengikat manusia dengan internet. Namun, bukan berarti bahwa internet bisa menggantikan segala – galanya yang ada di dunia nyata. Perlu keseimbangan antara keduanya dan perlunya memandang internet sebagai alat untuk mempermudah kehidupan manusia serta penggunaannya harus sesuai dengan kebutuhan.

Posted By : Evan Yofiyanto @ Evan’s Blog : My Diary (blog.its.ac.id/freax)

[FREAX]


Actions

Information

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: