StarAdventure : General Description

2 01 2009

STARadventure adalah sebuah resort yang menyediakan wisata alam serta pendidikan. Di sini para pengunjung dapat berpetualang sambil menikmati pemandangan alam yang indah. STARadventure memiliki basecamp di kaki gunung Arjuna yang merupakan kawasan hutan tropis yang sejuk dan juga indah.
STARadventure menawarkan beberapa program yang cukup menarik yakni :

1)    STARafting

Para pengunjung dapat mencoba mengarungi jeram-jeram yang menantang di sungai Pekalen. STARadventure menyediakan bermacam-macam lintasan sesuai dengan kebutuhan peserta, ada yang menantang, sedang, maupun biasa. Didampingi oleh para pemandu yang ahli serta profesional, keselamatan merupakan hal yang sangat diutamakan. STARadventure ingin para pengunjung menikmati ketegangan dengan sesempurna mungkin dengan tidak melupakan aspek keselamatan. Beberapa paket yang ditawarkan yakni :
•    Pekalen Atas (Beautiful Trip),
•    Pekalen Tengah (Fantastic Trip),
•    Pekalen Bawah (Incredible Trip)
•    Pekalen Tengah – Bawah (Extreme Trip)
•    Pekalen Atas – Bawah (Expedition Trip)

2)    STARoutbound

Selain rafting, kelompok pengunjung dapat mengikuti outbound di alam terbuka. Disediakan bermacam-macam wahana yang membuat pengunjung melampiaskan menyelesaikan tantangan-tantangan seru dan menegangkan. Personal confidence, leadership, team work, dan manajemen merupakan materi yang diberikan oleh pemandu-pemandu berpengalaman. Beberapa paket yang ditawarkan yaitu :
•    Team Building
•    Synergy Building
•    Smart Program
•    Care Program
•    Quantum Leadership Outbound
•    dll

3)    STARtracking

Pengunjung yang ingin berpetualang di daerah pegunungan dapat menjajal program ini. Bila pengunjung tidak ingin terlalu lelah berjelajah, STARadventure menyediakan beberapa unit ATV (all-track vehicle) yang pasti membuat nyali pengunjung tertantang. Selain itu, lintasan-lintasan yang diberikan juga disesuaikan dengan kebutuhan dan keselamatan pengunjung. Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, Taman Hidup Gunung Argopuro dan Kawah Volkano Gunung Ijen merupakan lintasan-lintasan yang dapat dipilih oleh pengunjung dan dapat dilalui dengan berjalan kaki maupun berkendara ATV.

4)    STARcottage

Bagi pengunjung yang hanya ingin bersantai menikmati alam atau kelelahan setelah berpetualang, STARadventure menyediakan pondok-pondok bernuansa alam. Mulai dari atap dari jerami, obor di pintu depan, hingga sendok garpu dari kayu. Pondok-pondok tentunya memiliki view yang indah agar suasana rileks yang didambakan pengunjung dapat tercipta. Dan, yang tidak kalah penting gemerciknya suara air dan semilirnya angin gending masih bisa menjadi teman istirahat pengunjung.

Calon pelanggan dapat melakukan pembayaran atas program yang dipilih dengan 2 cara, mendatangi langsung kantor kemudian membayar untuk tanggal tertentu atau membayar melalui kartu kredit via website. Resepsionis STARadventure akan melayani pembayaran program dengan ramah dan akan meminta data-data pribadi dari calon pengunjung setelah jadwal yang terpilih dicek ketersediannya. Pemesanan program dapat dilakukan pada hari H maupun hari-hari sebelumnya. Namuj\n, pada peak season seperti liburan sekolah ataupun libur hari raya pemesanan program harus dilakukan setidaknya 3 hari sebelum hari kegiatan. Hal ini dikarenakan oleh padatnya pengunjung pada peak season yang membutuhkan perhatian ekstra dalam hal penerimaan calon pelanggan serta. Karena keterbatasan kapasitas, maka pihak pengelola harus cermat dalam menerima calon pelanggan untuk menghindari ketidakpuasan pelanggan.

Ketika suatu sesi akan dimulai, resepsionis akan memintakan perlengkapan yang dibutuhkan kepada pengelola perlengkapan. Selanjutnya, pengelola perlengkapan akan mengecek ketersediaan barang. Apabila sejumlah barang yang diminta tersedia, bukti peminjaman akan diberikan kepada resepsionis dan form peminjaman akan disimpan.

Untuk rafting, para pengunjung dikumpulkan di depan base camp kemudian berangkat ke lokasi bersama-sama dengan mobil box yang mengangkut perahu dan perlengkapan-perlengkapan lainnya. Di lokasi telah menunggu pemandu-pemandu yang siap mendampingi pengunjung selama kegiatan rafting. Setelah semua perlengkapan yang dipinjamkan oleh pengelola perlengkapan kepada resepsionis telah siap, dan pengunjung telah memakai peralatan keselamatan, rafting dapat dimulai. Dalam 1 perahu, dapat ditempati 4 orang pengunjung dan 2 orang pemandu.

Sedangkan untuk cottage, pengunjung ditemani pelayan akan diantar ke pondok yang telah dipesan. Pondok-pondok yang disediakan terletak agak jauh di tengah pedesaan. Ketika berjalan menuju pondok, pengunjung akan melihat suasana pedesaan yang asri dengan hawa pegunungan yang sejuk.

Kemudian untuk outbound, pengunjung akan diantar terlebih dahulu ke tempat penginapan untuk meletakkan barang-barang pribadi lalu berganti baju jika perlu. Setelah itu, pengunjung dikumpulkan kembali dan didampingi oleh pemandu menuju pos-pos outbound. Di pos-pos tersebut, materi akan diberikan oleh pemandu yang telah menempati pos. Materi dapat berupa kegiatan berkelompok maupun pribadi dikemas dengan suasana yang menyenangkan.

Lalu untuk tracking, hampir sama dengan rafting, pengunjung dikumpulkan bersama-sama di basecamp. Sebelum pemberangkatan, untuk yang berjalan kaki, dilakukan pengecekan barang bersama-sama. Barang-barang untuk penjelajahan yang dibutuhkan dibawa, apabila pengunjung tidak lengkap barangnya akan dipinjami oleh pendamping. Sedangkan untuk yang menggunakan ATV, pengunjung akan diberi tutorial singkat mengenai bagaimana cara mengendarai ATV yang baik selama kurang lebih 15 menit. Lalu, pengunjung akan dibiarkan mencoba ATV agar sedikit terbiasa dalam mengendarai. Setelah dikira cukup, baik pejalan kaki maupun pengendara ATV, sesi penjelajahan dimulai. Untuk alasan keselamatan, di sepanjang track akan dibuat pos-pos tempat para pendamping mengecek kondisi pengunjung.

Posted By : Evan Yofiyanto @ Evan’s Blog : Kuliah Informatika (kuliahinformatika.wordpress.com)

[FREAX]


Actions

Information

2 responses

23 04 2009
Eremeeff

Everything dynamic and very positively!🙂
Have a nice day
Eremeeff

8 12 2009
Evan

I dunno What you mean. But, Thx for coming🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: