Memanfaatkan Sistem Sebagai Parameter Keberhasilan Adaptasi

27 01 2009

Evan’s Blog (Adaptasi Manusia)

Dalam sebuah perjalanan hidup, manusia tentu tidak bisa lepas dari sebuah proses yang dinamakan adaptasi. Secara umum adaptasi diartikan sebagai kemampuan untuk menyesuaikan diri dengan lingkungan yang baru. Hidup manusia yang selalu dinamis, tidak statis, bisa berubah setiap saat tentu membutuhkan kemampuan adaptasi. Suatu saat manusia akan memasuki sebuah lingkungan baru yang mungkin berbeda dengan lingkungan tempat dia tinggal sebelumnya. Adaptasi membantu manusia untuk menyelaraskan kembali kehidupannya sehingga dapat berjalan sesuai dengan lingkungan yang baru. Perlu diingat di sini bahwa lingkungan adalah segala sesuatu yang bersifat umum dan dapat mempengaruhi kehidupan manusia. Lingkungan bisa dicontohkan sebagai tempat tinggal, tempat kerja, jenjang pendidikan, atau bahkan sistem operasi pada sebuah personal komputer.

Lingkungan yang baru tentu saja memiliki sistem kehidupan tersendiri. Begitu pun dengan lingkungan sebelumnya. Dengan adanya sistem di setiap lingkungan akan memudahkan bagi manusia untuk menilai kemampuan adaptasinya. Semakin cepat dia bisa masuk dan menjadi bagian dari lingkungannya yang baru, semakin bagus pula kemampuan adaptasinya. Selain sistem dalam lingkungannya, manusia juga memiliki sistem kehidupan sendiri yang satu dengan lainnya memiliki keunikan. Ada seseorang yang memiliki sistem yang teratur dan tertata rapi. Adapula yang tidak memiliki sistem yang tetap dan mengikuti sistem yang ada di lingkungannya yang bisa digunakan sebagai sistem kehidupannya. Seseorang yang memiliki sistem kehidupannya sendiri dan tidak tergantung dengan sistem yang ada di lingkungannya bisa dikatakan sebagai seseorang yang telah matang dalam kehidupannya. Dia tidak akan terobang – ambing oleh keadaan sistem lingkungan yang suatu saat bisa berubah.

Seperti halnya sistem yang ada di dalam lingkungan, sistem kehidupan dalam setiap pribadi manusia juga bisa dimanfaatkan sebagai parameter sebuah proses adaptasi terhadap lingkungan yang baru. Seseorang bisa dikatakan telah berhasil beradaptasi jika sistem kehidupan yang dia miliki telah dapat berjalan di lingkungan yang memiliki sistem yang berbeda dengan lingkungan sebelumnya. Semakin cepat dia menjalankan kembali sistem kehidupannya, semakin bagus kemampuan adaptasinya. Sebagai contoh konkret sistem yang mungkin bisa dimanfaatkan adalah agenda kegiatan harian. Jika agenda ini telah berjalan sesuai dengan porsi kehidupan kita dan kembali berjalan menuju sebuah keteraturan baru maka proses adaptasi itu telah berhasil dilakukan.

Posted By : Evan Yofiyanto @ Evan’s Blog : My Diary (blog.its.ac.id/freax)

[FREAX]


Actions

Information

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: