Seleksi Beasiswa PPSDMS Nurul Fikri Angkatan IV 2008-2010 : Essay Form

7 02 2009

Jelaskan motivasi Anda melamar untuk mendapatkan beasiswa ini

Saya sangat berminat untuk menjadi salah satu bagian dari keluarga besar PPSDMS karena PPSDMS memiliki strategi yang bagus dalam mengembangan sumber daya manusia potensial yang dimiliki Indonesia. PPSDMS melakukan pembinaan dengan menggunakan konsep keseimbangan antara SQ, EQ, dan IQ. Saya yakin saya memiliki potensi kepemimpinan dan manajemen yang dapat dikembangkan agar bermanfaat bagi orang – orang di sekitar saya. Orang – orang di sekitar saya pun sering mengatakan hal demikian tentang saya. Potensi itu sering terlihat ketika saya mengikuti kegiatan – kegiatan di organisasi maupun kepanitian. Namun, saya masih merasa bahwa potensi tersebut masih belum saya gunakan secara maksimal. Saya membutuhkan pembinaan khusus yang dapat membangkitkan potensi itu menjadi kemampuan yang bermanfaat bagi diri saya pribadi, keluarga, agama, bangsa dan negara. Saya yakin jika saya menjadi bagian dari keluarga besar PPSDMS, saya akan bertemu dengan banyak orang – orang hebat. Dan kita semua bisa saling bertukar pengalaman dan saling membantu untuk mengembangkan potensi yang di anugerahkan Allah kepada kita agar bermanfaat bagi orang lain. Amiin…

Gambarkan dalam sebuah deskripsi singkat dampak yang akan terjadi pada diri Anda jika menerima beasiswa ini?

Saya sangat bersyukur jika dapat menjadi bagian dari keluarga besar PPSDMS. Dengan menjadi bagian dari PPSDMS, saya akan menjadi lebih termotivasi dan bersemangat dalam mengembangkan potensi saya dan menyalurkannya melalui organisasi – organisasi di tempat saya berada saat ini dan pada masa yang akan datang.

Apa yang Anda lakukan jika Anda diterima di PPSDMS?

Diterima dalam program beasiswa PPSDMS bukanlah akhir dari perjuangan, melainkan awal dari perjuangan untuk terus – menerus berusaha mengembangkan diri kita agar dapat berkontribusi dalam memajukan keluarga, agama, bangsa, dan negara. Dalam jangka dekat setelah saya diterima dalam program beasiswa ini, saya akan melakukan adalah : 1. belajar untuk menjadi orang yang lebih baik dalam segala hal dan bermanfaat bagi orang lain. 2. memimpin keluarga yang diamanah kepada saya dengan penuh tanggung jawab. 3. berpartisipasi aktif dalam keluarga besar PPSDMS untuk menjalankan misi dan mewujudkan visinya. 4. berkontribusi membangun organisasi – organisasi di mana saya diberikan amanah saat ini dengan menggunakan kemampuan yang saya dapatkan dari program PPSDMS. 5. mengamalkan ilmu yang saya dapatkan dari program PPSDMS dengan membantu orang lain yang memiliki potensi kepemimpinan dan manajemen agar dapat digunakan sebaik mungkin untuk masyarakat.

Gambarkanlah kontribusi terbaik yang pernah anda berikan pada keluarga Anda?

Saat ini, saya telah diamanahi sebuah keluarga oleh bapak saya. Saya bersama ibu, kakak, dan adik – adik saya selalu mencoba untuk terus berjuang agar tetap survive apa pun yang terjadi. Kami ingin membuat bapak kami bangga kepada kami dengan menjadi anak yang sholeh dan berbakti kepada kedua orang tua serta menjaga agar keluarga ini tetap utuh sampai kapan pun. Kebetulan kakak saya telah memiliki keluarga sendiri, sehingga sekarang yang memegang amanah ini adalah saya. Saya selalu berusaha untuk menjadi “orang tua” yang baik bagi kelima adik saya. Berangkat dari pengalaman saya dalam mencapai jenjang perguruan tinggi yang penuh rintangan karena ekonomi keluarga yang pas – pasan, saya tidak ingin membiarkan hal tersebut terjadi pada adik – adik saya. Saya selalu berusaha memahami, memotivasi, dan mengarahkan mereka untuk terus berjuang mencapai impian mereka apa pun yang terjadi, karena saya akan selalu ada bersama mereka. Dalam memimpin keluarga selama ini, tentu saja tidak selalu berjalan mulus. Problematika keluarga datang silih berganti. Mulai dari masalah ekonomi, pendidikan, maupun internal keluarga. Dan Alhamdulillah sampai saat ini Allah selalu memberikan jalan keluar dan kekuatan kepada saya untuk menghadapi cobaan tersebut.

Gambarkanlah kontribusi terbaik yang pernah anda berikan pada masyarakat/lingkungan Anda?

Sampai saat ini, sejujurnya saya masih belum banyak berkontribusi kepada masyarakat. Yang telah saya lakukan untuk masyarakat di desa saya adalah ikut serta dalam kegiatan – kegiatan karang taruna. Saya lebih aktif di organisasi – organisasi ketika saya berada di sekolah maupun di perguruan tinggi. Namun, menurut saya, dengan mulai aktif di organisasi – organisasi di lingkungan pendidikan akan membuat saya lebih siap jika nanti saya sudah kembali lagi ke masyarakat di desa tempat saya berasal.

Gambarkanlah kontribusi apa yang pernah anda berikan pada organisasi anda dan apa dampaknya bagi organisasi tersebut?

Hal yang paling berkesan selama saya berkiprah dalam ranah organisasi adalah ketika saya bersama teman – teman alumni SMA N 1 Sidayu menyatukan visi dan misi untuk mendirikan forum mahasiswa alumni SMA N 1 Sidayu (FORMASI) di ITS pada tahun 2006. sebuah tempat di mana alumni SMA N 1 Sidayu dapat berkumpul kembali dan memberikan kontribusi bagi almamater kami SMA N 1 Sidayu. Walaupun masih tergolong sebagai organisasi yang masih baru, kami mencoba untuk mendorong teman – teman dari UNAIR untuk turut serta membentuk FORMASI di UNAIR. Selain itu, kami juga menjalin komunikasi dengan teman – teman alumni dari perguruan tinggi lain. Dan pada tahun 2007 kemarin kami berhasil melaksanakan SOSPEN (Sosialisasi Perguruan Tinggi Negeri) gabungan untuk pertama kalinya yang dimotori oleh FORMASI – ITS kepada adik – adik kelas kami di SMA N 1 Sidayu. SOSPEN tersebut diikuti oleh 6 perguruan tinggi dari Surabaya dan Malang.

Gambarkan kondisi Ummat Islam dan Bangsa Indonesia saat ini

Jika umat islam di lihat secara global, saat ini umat islam sedang mengalami krisis kepemimpinan. Sejak wafatnya Rasulullah Muhammad SAW kemudian berakhirnya masa – masa kejayaan kekhalifahan islam, umat islam terus – menerus mengalami berbagai permasalahan baik internal maupun eksternal. Dalam masalah internal sendiri, umat islam dihadapkan pada degradasi aqidah dan akhlaq serta munculnya golongan – golongan baru yang tidak lagi memegang Al – Qur’an dan As – Sunnah sebagai landasan hidup mereka. Sehingga, lahirlah sekte – sekte yang menyebut kelompok mereka sebagai golongan yang terbaik dengan nabi dan kitab suci baru yang mereka tentukan sendiri. Dalam masalah eksternal, islam dianggap sebagai agama teroris oleh dunia. Sehingga muncullah gerakan anti – terorisme yang dimotori AS yang tujuan sebenarnya adalah menghancurkan kekuatan umat Islam. Baru – baru ini pun keluar statemen – statemen yang menghina umat islam secara terang – terangan dari seorang senator Belanda, Geert Wildert, melalui film yang berjudul “FITNA”. Untuk menanggulangi berbagai problematika tersebut dan tantangan yang lebih besar di masa yang akan datang, umat Islam sangat membutuhkan seorang pemimpin karismatik yang dapat menyatukan umat Islam kembali. Khususnya di Indonesia yang notabenenya adalah negara dengan jumlah umat Islam terbanyak di dunia. Pemimpin yang diharapkan umat Islam saat ini adalah pemimpin yang dapat meredam gejolak dunia, menyatukan umat islam, serta mengarahkan umat Islam kepada Aqidah yang benar agar menjadi Rahmatan Lil Alamiin. Umat Islam sesungguhnya dapat menjadi motor penggerak bagi bangsa Indonesia untuk menyelesaikan berbagai permasalahan bangsa dan bangkit menuju bangsa yang bermartabat di mata dunia. Ulul Amri yang memiliki pemahaman Islam yang baik akan mampu meredam permasalahan negeri ini dan menjadi contoh yang baik bagi masyarakat. Namun kenyataannya, pemimpin yang diangkat dari kalangan ulama justru lebih mementingkan kepentingan golongan mereka dari pada kesejahteraan rakyat Indonesia. Itulah sebabnya, pemimpin karismatik yang dapat menarik simpati kembali umat ini dan benar – benar dapat menjaga konsistensinya mengemban misi menyejahterahkan kehidupan bangsa sangat dibutuhkan oleh umat Islam dan bangsa Indonesia.

Gambarkanlah akan menjadi apa anda dalam 5-10 tahun mendatang? (sebagai contoh : apa yang anda lakukan? Kontribusi apa yang anda berikan pada lingkungan masyarakat? Bagaimana karir anda?)

Dalam 5 – 10 tahun ke depan adalah :1. memimpin keluarga dengan bijaksana dan mendorong adik – adik untuk meneruskan pendidikannya sampai ke jenjang perguruan tinggi.2. menjabat posisi yang strategis di HMTC maupun SITC dengan penuh tanggung jawab.

3. mengembangkan organisasi, tempat saya diberikan amanah dan kepercayaan.

4. aktif dan berkontribusi di keluarga besar PPSMDS.

5. mendalami ajaran Islam dengan aktif dalam kegiatan dakwah Islam.

6. melakukan program pengembangan karakter, kepemimpinan, dan manajemen melalui berbagai kegiatan kemahasiswaan.

7. meningkatkan kemampuanku dalam bidang teknologi informasi agar menjadi pakar informatika.

8. giat belajar untuk mengejar kelulusan 3.5 tahun dengan IP cumlaude di jurusan Teknik Informatika – FTIf ITS.

9. meneruskan S2 dengan mencari program beasiswa ke Jepang.

10. bekerja di perusahaan bidang teknologi informasi dan komunikasi di negeri ini seperti : TELKOM, INDOSAT, IAO.

11. menjadi Chief Executive Officer (CEO) di perusahaan tempat saya berkerja.

12. menjadi pengurus lembaga kemasyarakatan di tingkat desa maupun daerah agar dapat berkontribusi bagi masyarakat.

13. menikah pada usia 25 tahun dengan wanita yang sholehah.

14. menjadi imam keluarga dan suami yang bijaksana dalam membesarkan anak – anak kami.

15. berangkat ke tanah suci (haji) bersama orang tua dan keluarga.

Related Topics About “Seleksi Beasiswa PPSDMS Nurul Fikri Angkatan IV 2008 – 2010” :
“Seleksi Beasiswa PPSDMS Nurul Fikri Angkatan IV 2008 – 2010 : Essay Form”
“Seleksi Beasiswa PPSDMS Nurul Fikri Angkatan IV 2008 – 2010 : Surat Lamaran”

Posted By : Evan Yofiyanto @ Evan’s Blog : My Diary (blog.its.ac.id/freax)

[FREAX]


Actions

Information

2 responses

15 04 2009
yushi

kapan lg ya ada seleksi beasiswa PPSDMS?

11 06 2009
EVAN

@ Yushi
Insya Allah, tengah tahun 2009 segera dimulai open recruitment untuk angkatan V 2010-2012.
lebih jelasnya lihat di sini ya :
http://www.ppsdms.org
udah ada Brosurnya kok

Leave a Reply

