Fenomena Facebook : Pengguna Friendster mulai melirik Facebook

15 03 2009

Evan’s Blog (Facebook Vs Friendster)

Beberapa bulan terakhir ini, saya melihat ada fenomena pergantian penggunaan jaringan social berbasis internet atau yang lebih popular disebut internet social networking dari friendster bermigrasi ke facebook. Facebook memang bukanlah barang baru dalam dunia internet. Facebook lebih popular di belahan dunia barat, benua Amerika & Eropa sedangkan friendster lebih popular di belahan dunia timur, benua Asia, khususnya Indonesia. Namun, beberapa waktu ini kondisi tersebut mulai berubah. Saya menjumpai bahwa pengguna friendster di sekitar saya mulai beralih ke facebookAwalnya saya melihat teman-teman di jurusan yang mungkin mulai jenuh dengan fitur-fitur yang ditawarkan friendster serta perlu bandwidth besar untuk menampilkan halaman friendster yang penuh dengan file image sedangkan bandwidth yang disediakan oleh institut memang sangat terbatas karena harus dibagi lagi untuk akses setiap jurusan. Sehingga waktu yang dibutuhkan pengguna untuk mengakses friendster menjadi cukup lama. Setelah saya melihat fenomena tersebut di sekitar saya, ternyata teman-teman saya di kota Yogya dan Bandung juga sudah mulai kegandrungan facebook. Seringkali saya melihat ketika teman-teman sedang mengakses internet bisa dipastikan salah satu halaman yang dibuka ada facebook. Facebook memang memiliki beberapa keunggulan dari pada friendster yang memiliki beberapa kelemahan sebagaimana yang telah saya sebutkan di atas. Selain itu, facebook juga mendukung berbagai aplikasi yang jumlahnya sangat banyak hingga pengguna tidak dibuat bosan karena bisa terus mengeksplor seisi facebook-nya. Dengan aplikasi-aplikasi yang interaktif, facebook sekarang tidak hanya digunakan sebagai wahana penghubung antar teman saja, tetapi juga dapat menjadi ajang bermain game, melakukan survey, polling, dan lain sebagainya.

Related Topics About “Fenomena Facebook” :
“Fenomena Facebook : Pengguna Friendser Mulai Melirik Facebook”
“Fenomena Facebook : Apa Yang Dapat Anda Lakukan Dengan Facebook ?”
“Fenomena Facebook : Kenapa Masyarakat Saat Ini Keranjingan Dengan Social Networking Yang Bernama Facebook ?”
“Fenomena Facebook : Perdebatan Fatwa Haram Facebook”

Posted By : Evan Yofiyanto @ Evan’s Blog : My Diary (blog.its.ac.id/freax)[FREAX]


Actions

Information

5 responses

26 03 2009
hydro

Setuju!
Dulu saya pemakai setia Friendster, tp kini sudah beralih ke Facebook. Walau tampilan Facebook yg baru skrng ‘mbulet’ alias lebih gak praktis dari yg lama😦

————————————————–
INFO – Peluang Usaha
http://www.hydrogel.tk

3 04 2009
tonykurniawan

wah… aku suka artikel yang ini! bingung nyari’nya! dapet jg…🙂 bagi2 pengalaman aja bos! lanjutkan!!!!🙂

4 04 2009
EVAN

@ Hydro
iya mas… skrg emang jamannya Facebook
@ Tony Kurniawan
Ok… Terima kasih Bro… Tunggu aj kelanjutannya…

11 04 2009
arif syaifuddin

don’t let FACEBOOK become junk like friendster oke!!!

11 06 2009
EVAN

@ Arif Syaifuddin
Insya Allah, FB g’ jadi “Junk” jika Qt bisa memanfaatkannya dalam kebaikan semisal menjalin silaturrahim dg teman2…🙂

Leave a Reply

