Fenomena Facebook : Apa Yang Dapat Anda Lakukan Dengan Facebook ?

20 03 2009

Evan’s Blog (Penggunaan Facebook)

Melanjutkan dari artikel saya sebelumnya yang mengupas tentang perkembangan terkini di dunia social networking, yaitu “Pengguna Friendster Mulai Melirik Facebook”. Sekarang, saya akan mengupas beberapa hal mendasar yang perlu Anda ketahui sebagai pengguna Facebook pemula atau sebagai orang yang belum menjadi pengguna Facebook tetapi sekarang mulai tertarik dan ingin segera mendaftarkan diri untuk menjadi member Facebook.Jika Anda belum menjadi member, saya sarankan untuk segera mendaftar, Sign Up, agar dapat menikmati berbagai layanan Facebook, social networking dengan jumlah member terbesar di dunia yang telah mencapai lebih dari 150 juta orang. Pada proses pendaftaran, Anda diharuskan mengisi berbagai informasi yang dibutuhkan dan nantinya akan ditampilkan pada profil Anda di halaman Facebook. Prosesnya tidak terlalu sulit, seperti halnya ketika Anda mendaftarkan diri untuk menjadi pengguna Yahoo! Mail. Setelah mendaftar dan memasuki dunia Facebook, Anda akan sering berinteraksi dengan beberapa hal penting berikut yang merupakan bagian dari sistem Facebook :

  • Sign Up : Proses pendaftaran yang harus Anda lalui untuk menjadi member Facebook dengan mengisi beberapa form tentang identitas diri Anda.
  • Login and Password : Proses autentikasi untuk memasuki halaman Facebook Anda dengan mengisi alamat email dan password yang telah Anda tentukan sebelumnya.
  • Friends : Semua orang yang termasuk dalam jaringan pertemanan Anda dapat Anda lihat di sini. Pada bagian ini, Anda juga dapat melihat update terkini yang dilakukan oleh teman Anda tentang status dan informasi di profil mereka.
  • Networks : Anda dapat bergabung dengan jaringan pertemanan yang berupa group diskusi, teman sekolah, penggemar sesuatu atau seseorang, organisasi, dan lainnya. Anda pun dapat meninggalkan jaringan tersebut dalam artian tidak lagi bergabung jika Anda menginginkannya.
  • Search : Anda dapat mencari teman – teman Anda yang kemungkinan telah menjadi member Facebook melalui keyword nama, alamat email, nama perusahaan, atau nama sekolah. Tanpa melakukan pencarian pun, sebenarnya Facebook telah dilengkapi dengan layanan untuk dapat secara otomatis mencari teman-teman yang mungkin Anda kenal melalui jaringan yang Anda miliki. Misalkan, ada seseorang yang belum menjadi teman Anda, tetapi dia memiliki beberapa teman yang sama dengan Anda. Facebook akan mengusulkan orang tersebut sebagai teman yang mungkin Anda kenal.
  • Mobile : Facebook dapat diakses melalui mobile device yang mendukung akses internet melalui salah satu dari berbagai jaringan, entah itu GPRS, CDMA, WIMAX, EDGE, 3G, atau yang lainnya. Facebook Mobile Version dapat Anda akses melalui alamat m.facebook.com
  • Profile : Di halaman inilah teman Anda dapat melihat perkembangan terbaru dari aktivitas Anda serta berbagai informasi tentang diri Anda. Profile Page sendiri biasanya terdiri dari bagian-bagian seperti Wall (dinding), Info, Note (catatan), Boxes (Kotak), Photos (foto), dan lainnya yang bisa Anda tambahkan sendiri.
  • Messages and Inbox : Anda dan teman Anda sesama member Facebook bisa saling berkirim message (pesan) yang bersifat privat melalui layanan ini.
  • Wall : Wall atau dalam versi Indonesianya disebut dinding merupakan bagian dari profile page berisi tentang status Anda (apa yang sedang Anda pikirkan), beberapa aktivitas yang baru saja Anda lakukan melalui layanan Facebook mulai dari menambah teman baru, memberi komentar pada dinding orang lain, komentar orang lain, tanggapan orang lain atas status Anda, bergabung dengan group, menggunakan aplikasi tertentu, video yang Anda share, catatan yang Anda buat dan banyak lagi lainnya. Informasi dalam wall ini secara default akan di-publish oleh Facebook untuk dapat dilihat oleh teman – teman yang masuk dalam jaringan pertemanan Anda. Namun, Anda bisa melakukan pengaturan privasi mengenai informasi apa saja yang Anda izinkan untuk di-publish oleh Facebook melalui bagian privacy settings.News Feed : Bagian ini termasuk dalam home page. Segala berita terkini tentang aktivitas dari teman – teman dalam jaringan Anda ada di sini.
  • Home : Ini adalah halaman awal setelah Anda berhasil login dan masuk dalam jaringan Facebook. Di halaman ini Anda dapat melihat status, perkembangan aktivitas terbaru dari semua teman – teman Anda, serta video dan note yang di-share oleh teman – teman Anda. Bagian home sendiri terdiri dari news feed, public profiles, photos, link, video, dan lainnya.
  • Suggestions : Anda dapat berinteraksi dengan pengembang Facebook melalui bagian ini. Anda dapat menuliskan saran, kritik, atau permintaan untuk membuat network baru.
  • Privacy : Anda dapat mengatur privasi Anda mulai dari informasi apa saja yang boleh di-publish dan dilihat oleh teman Anda, siapa saja yang dapat melihat wall (dinding) Anda, serta informasi apa saja dari aplikasi yang Anda izinkan.
  • Security : Anda dapat melaporkan jika ada indikasi bahwa Facebook Anda terkena serangan hacking atau phising. Di bagian ini pula Anda bisa mendapatkan informasi mengenai pengamanan yang dapat Anda lakukan terhadap Facebook account maupun privasi Anda.
  • Warnings : Halaman ini dapat membantu Anda ketika Anda menemukan worm seperti “knoobface” dan phising site. Anda dapat melaporkannya kepada pihak pengembang Facebook. Anda pun bisa mendapatkan informasi tentang kejelasan peringatan dari Facebook yang dikirimkan kepada Anda semisal tentang pembatasan fitur Facebook yang dapat Anda gunakan, kiriman spam message, pemblokiran pengiriman pesan oleh Facebook, serta konten-konten yang dianggap tidak pantas oleh Facebook.
  • Intellectual Property : Facebook melindungi hak atas kekayaan intelektual (HAKI). Jika Facebook menemukan indikasi adanya pelanggaran terhadap HAKI, Facebook dapat menghapus konten tersebut atau men-disable akses. Anda pun dapat melaporkan ke pihak pengembang Facebook jika menemukan hal serupa.
  • Accessibility : Facebook berkomitmen untuk memberikan pengalaman terbaik kepada setiap member-nya. Oleh karena itu, Facebook menyediakan beberapa fasilitas kemampuan akses tambahan. Facebook mendukung akses dengan menggunakan screen reader. Anda bisa mendapatkan informasi mengenai cara penggunaannya di sini. Anda pun dapat mengubah tampilan halaman Facebook Anda seperti mengubah ukuran font serta menampilkan file berformat HTML saja. Ada juga penjelasan – penjelasan tentang browser yang mendukung akses tersebut.
  • Troubleshooting : Anda dapat memberitahukan kepada pihak pengembang Facebook jika Anda menemukan bugs dan gangguan lainnya seperti chat yang selalu terputus atau message yang tiba – tiba lenyap. Dengan demikian, pihak pengembang Facebook dapat segera memperbaikinya.

Related Topics About “Fenomena Facebook” :
“Fenomena Facebook : Pengguna Friendser Mulai Melirik Facebook”
“Fenomena Facebook : Apa Yang Dapat Anda Lakukan Dengan Facebook ?”
“Fenomena Facebook : Kenapa Masyarakat Saat Ini Keranjingan Dengan Social Networking Yang Bernama Facebook ?”
“Fenomena Facebook : Perdebatan Fatwa Haram Facebook”

Posted By : Evan Yofiyanto @ Evan’s Blog : My Diary (blog.its.ac.id/freax)[FREAX]


Actions

Information

11 responses

21 03 2009
Ardi

[meninggalkan jejak…]

21 03 2009
fuad@cs.its.ac.id

Facebook memang fenomenal
sip, maknyus….

24 03 2009
EVAN

@ Ardi
kasih comment dikit donk Ard, biar bs jdi saran tw kritik…
@ Fuad
Yupz, Facebook emang sdg menjadi Fenomena hangat yg diulas berbagai media stlh Fenomena Ponari Ad…🙂

30 03 2009
dhanie

it`s complicated..😀

4 04 2009
EVAN

@ Mas Dhanika
More Complicated More Fun🙂

11 04 2009
arif syaifuddin

tapi klo masih asyik (belom jenuh) dgn friendster lbh baik tunda dulu sign up di FB coz cuma bikin FB nantinya jadi junk… dewasakan dulu diri lu kawan, klo mo iseng cari2 cewe mending di FS aja ya..

19 04 2009
myfawwaz

manfaatnya apa sih?

11 06 2009
EVAN

@ Arif Syaifuddin
Insya Allah, FB g’ bikin “Junk” jika Qt bisa memanfaatkannya dalam kebaikan semisal menjalin silaturrahim dg teman2.
@ MyFawwaz
Banyak sekali manfaatnya, Dari mulai bertemu teman2 lama yg jauh di sana, bikin komunitas diskusi/group, sharing informasi, refreshing dg Quiz & Games. etc

14 06 2009
dany poema

tolong aQ dong..
FB qu kena worm “knoobface”
jadi ga bisa ngrim wall ama coment status..
gimana??? plz help me

22 06 2009
bujag lapuk

mo nanya :
1. klo dah punya akun FB, apa otomatis terindex SE macam googel/yahoo atau musti daftarin ndiri ?
2. FB bisa dipasang adsense gak ?
3. Gimana cara ngisi Profile Page (dinding,info,acara,dll) & gimana jadiin profil sebagai halaman utama ?

OK, thank’s alot

27 09 2009
EVAN

@ Dany
Virus Knoobface sebenarx tidak menyerang FB Anda tetapi PC tw Notebook Anda saja. Buktinya, ketika Anda coba OL FB dari PC lain akan berjalan normal.
Solusinya, scan PC tw Notebook Anda dg Anti-Virus. Kl saya biasanya pake AntiVir. Dari hasil Survey 2008 & 2009 AntiVir dari Avira menempati peringkat 1.
@ Bujag
1. Akun FB Anda akan otomatis terindex oleh search engine. Tpi FB jg menyediakan fasilitas setting Search Privacy untuk menentukan akun Anda bisa dilihat dari luar FB (keliatan dari Search Engine tanpa login FB) atau tidak.
2. FB tdk bisa dipasang AdSense seperti halx Blog/Website. Tp FB menyediakan fasilitas tuk advertising jika Anda ingin mengiklankan sesuatu.
3. Di FB Home adalah homepage & saya belum menemukan setting untuk mengubah Profile sebagai homepage. ^_^

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: