Fenomena Facebook : Kenapa Masyarakat Saat Ini Keranjingan Dengan Social Networking Yang Bernama Facebook ?

4 04 2009

Evan’s Blog - Fenomena Facebook (Keranjingan Terhadap Facebook)

Fenomena Facebook saat ini memang sedang hangat – hangatnya diperbincangkan dan sangat menarik untuk disimak. Bahkan, beberapa surat kabar terkemuka baik cetak maupun elektronik yang berbasis internet di tanah air telah membahas masalah fenomena Facebook ini. Facebook adalah social networking sejenis Friendster. Sebagian besar pengguna internet telah mengenal bahkan memiliki account di Friendster, salah satu social networking yang sangat populer di Indonesia. Namun, kejayaan Friendster di Indonesia akan segera tergantikan oleh Facebook. Saat ini, Facebook telah menjadi sangat digandrungi oleh para penggemar social networking. Sebagai Informasi tambahan, Facebook yang pertama kali dirilis pada Pebruari 2004 oleh pembuatnya, Mark Zuckerberg, sekarang telah memiliki lebih dari 175 juta anggota di seluruh dunia. Sihir Facebook benar-benar membuat fenomena global dalam pertemanan sosial.

Pengguna Facebook bukan hanya anak muda. Facebook telah menyebar ke berbagai lapisan masyarakat dan usia. Mulai dari anak sekolah, mahasiswa, karyawan, hingga ibu rumah tangga. Aktivitas mereka bersama Facebook telah dimulai sejak bangun tidur, ketika sampai di kantor atau kampus, sambil bekerja atau kuliah, hingga pulang dari kantor atau kampus. Bisa dibilang bahwa aktivitas sehari – hari mereka tidak bisa lepas dari Facebook. Begitulah pengakuan dari beberapa reponden yang dimuat di sebuah surat kabar cetak terkemuka di Indonesia. Para responden tersebut setiap hari online di Facebook walaupun hanya sekedar untuk melihat pesan, melihat komentar atau status terbaru dari teman – teman mereka di jejaring Facebook. Mereka mengaku tidak ingin kehilangan informasi mengenai kondisi terkini di dunia Facebook mereka walaupun sedang bekerja atau kuliah.

Keranjingan pada Facebook ini adalah salah satu sinyal bahwa masyarakat Indonesia semakin melek teknologi informasi yang sedang menjadi tren di dunia global. Namun, dengan semakin modern peradaban dunia global, kebutuhan manusia modern akan pengakuan terhadap eksistensi diri mereka dengan bersosialisasi dengan orang lain di sekeliling mereka sebagai kebutuhan dasar manusia biasa semakin sulit untuk terpenuhi. Dunia terasa berjalan begitu cepat. Mereka setiap hari disibukkan dengan rutinitas yang tiada akhir. Kesibukkan tidak hanya selesai di tempat kerja atau belajar. Setelah sampai di rumah pun tidak jarang mereka membawa tugas yang belum terselesaikan dari kantor, sekolah, atau kampus. Oleh karena itu, dibutuhkan sarana untuk memfasilitasi pemenuhan kebutuhan dasar tersebut. Untuk mengatasi perbedaan ruang dan minimnya waktu yang dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan tersebut, dunia teknologi informasi menawarkan sarana social networking seperti Facebook. Facebook telah dilengkapi dengan berbagai fitur dan aplikasi yang mendukung pemenuhan kebutuhan tersebut. Fitur – fitur di Facebook memang lebih lengkap jika dibandingkan dengan social networking lainnya seperti mySpace, Friendster, Tribe, Geek, Twitter, dan Bebo. Namun, fitur – fitur tersebut dibahas di bagian yang lain pada Artikel – Artikel Fenomena  Facebook dalam blog ini.

Dengan Facebook, manusia modern bisa mengekspresikan segala sesuatu tentang diri mereka baik itu melalui foto, video, aplikasi, catatan, status, ataupun komentar. Tidak jarang foto – foto, status, dan komentar yang di-publish oleh pengguna Facebook terkesan gokil dan narsis. Hal ini dilakukan dengan maksud untuk menunjukkan eksistensi mereka kepada dunia ataupun agar hasrat narsistik mereka benar – benar terlampiaskan. Segala sesuatu yang mereka lalukan dapat memperlihatkan identias pribadi mereka sebenarnya yang mungkin dalam kehidupan nyata tidak terlihat. Dengan demikian, Facebook memberikan kesempatan kepada setiap orang agar dapat menjadi dirinya sendiri dan bebas berbicara dengan semua orang.

Related Topics About “Fenomena Facebook” :“Fenomena Facebook : Pengguna Friendser Mulai Melirik Facebook”
“Fenomena Facebook : Apa Yang Dapat Anda Lakukan Dengan Facebook ?”
“Fenomena Facebook : Kenapa Masyarakat Saat Ini Keranjingan Dengan Social Networking Yang Bernama Facebook ?”
“Fenomena Facebook : Perdebatan Fatwa Haram Facebook”

Posted By : Evan Yofiyanto @ Evan’s Blog : My Diary (blog.its.ac.id/freax)[FREAX]


Actions

Information

5 responses

24 05 2009
Rinie

Wahhh.. artikel na keren.. makasi ia…

membantu banged buat tugas kuliah aku,,,,

11 06 2009
EVAN

@ Rinie
Wah… Benarkah…
Padahal, cuma iseng2 nulis aj… Alhamdulillah kalau bisa bermanfaat deh.
Terima kasih atas kunjungannya…😀

28 09 2009
NoFre

Bagus bangett nihh..mas bisa aku kutip artikelnya?? untuk tulisan majalah internal dikantor? nanti disertakan sumbernya dari Evan’s Blog

28 09 2009
EVAN

@ NoFre
Iya boleh, silahkan dikutip.
Semoga sukses majalahnya ya…😀

19 10 2009
masbaz

Ngikut Copas ya Boss ..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: