Data & Fakta tentang Belanda : Agama, Kehidupan Mahasiswa, Biaya Hidup, dan Budaya

30 01 2010

Agama

Belanda memiliki beragam agama: Anda akan menemukan Gereja, Masjid, rumah ibadah Sinagoga, Hindu, Budha, dan Sikh. Agama Kristen memiliki tradisi yang paling tua, pertama kali sampai di Belanda 1600 tahun yang lalu. Walaupun masyarakat modern di Belanda sangat sekuler dan tidak banyak orang Belanda yang identik dengan satu organisasi keagamaan, namun Anda akan mudah menjumpai gereja dan tempat-tempat ibadah lainnya. Tanyakan ke kantor urusan mahasiswa (student affairs) di universitas mengenai lokasi tempat ibadah yang Anda cari. www.ncbnet.nl – Pusat informasi Belanda bagi pendatang.

Kehidupan Mahasiswa

Universitas/institut tersebar di seluruh negeri dan hanya sedikit di antaranya yang memiliki kampus. Bisa juga gedung-gedung satu universitas tersebar di berbagai lokasi. Akan tetapi kehidupan mahasiswa tetap dapat dijumpai. Di lingkungan setiap universitas/institut terdapat jaringan perhimpunan mahasiswa untuk melakukan aktivitas yang berkaitan denga studi, olah raga, ataupun kegiatan rekreasi. Perhimpunan ini dikelola oleh mahasiswa sendiri, bahkan beberapa perhimpunan memiliki orientasi internasional. Komunitas pendidikan tinggi Belanda berupaya menjadi bagian dari masyarakat.

Biaya Hidup

Survei terakhir mengenai biaya hidup di dunia menunjukkan biaya hidup di Amsterdam lebih rendah dibandingkan di New York, London, Paris, dan Beijing. Biaya hidup di Belanda bagi mahasiswa asing berkisar €700 – €900 per bulan. Sebagai contoh, apabila Anda memiliki sumber pendanaan dari beasiswa, Anda akan menghabiskan sepertiga dana untuk tempat tinggal. Sepertiga lainnya untuk makan. Untungnya kebanyakan universitas di Belanda menawarkan makanan dengan harga terjangkau. Namun, yang paling hemat adalah memasak sendiri. Sepertiga bagian tersisa biasanya dipergunakan untuk membeli buku, transportasi, dan keperluan lainnya.

Budaya

Belanda selalu memadukan sejarah dan budaya tradisional dengan inovasi, modernitas, dan orientasi internasional. Saat masyarakat Belanda menikmatik kemajuan dunia teknologi, mereka juga tetap menikmati berkeliling kanal bersejarah. Kondisi kontras ini merupakan gambaran khas masyarakat Belanda.

Posted By : Evan Yofiyanto @ Evan’s Blog : Kuliah Informatika (kuliahinformatika.wordpress.com)

[FREAX]


Actions

Information

One response

31 01 2010
PUKAT KASIH BLOG Ya Yesus ku - Bursa Informasi Lowongan Pekerjaan

[…] Data & Fakta tentang Belanda : Agama, Kehidupan Mahasiswa, Biaya … […]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: