Buku TA : Intraoral Radiographic Views Terdiri dari Periapical View, Bitewing View, dan Occlusal View

12 02 2010

Citra kategori ini diperoleh dengan menempatkan film radiografis atau sensor di dalam mulut untuk menghasilkan sebuah radiograf. Terdapat tiga tipe intraoral radiographic views:

1. Periapical view

Periapical view yang ditunjukkan pada Gambar 2.1 diambil dari keduanya gigi bagian anterior dan posterior. Tujuan dari tipe gambaran ini adalah untuk menangkap ujung akar pada film. Gambaran ini memungkinkan seorang dokter gigi untuk memvisualisasikan gigi begitu juga dengan tulang sekelilingnya secara keseluruhan. Nama periapical berasal dari bahasa Latin “peri”, yang berarti “sekeliling”, dan “apical” yang berarti ujung.

2. Bitewing view

Bitewing view yang ditunjukkan pada Gambar 2.2 diambil untuk memvisualisasikan mahkota dari gigi posterior dan tinggi tulang lubang tempat gigi di rahang (alveolar) yang berhubungan dengan cemetoenamel junctions (CEJ), yang merupakan garis batas pemisah pada gigi yang memisahkan mahkota gigi dari akar gigi. Ketika terdapat kehilangan tulang yang luas, film dapat diletakkan dengan dimensi yang lebih panjang dalam sumbu vertikal karena dapat memvisualisasikan level-levelnya dengan lebih baik dalam hubungannya dengan gigi. Bitewing view memamerkan level-level tulang dengan lebih akurat daripada periapical view. Bitewing biasanya diambil hanya untuk gigi posterior saja.

Nama bitewing merujuk pada sebuah carikan kecil karet atau plastik yang diletakkan di tengah film X-ray yang ketika digigi memungkinkan film untuk melayang sehingga menangkap bahkan sejumlah informasi dari maxillary dan mandibular.

3. Occlusal view

Occlusal view yang ditunjukkan pada Gambar 2.3 diambil ketika ada keinginan untuk menampakkan kerangka atau anatomi patologis baik dari dasar maupun langit-langit mulut. Film occlusal berukuran sekitar tiga atau empat kali ukuran film yang digunakan untuk mengambil sebuah periapical atau bitewing view yang dimasukkan ke dalam mulut sehingga memisahkan gigi maxillary dan mandibular secara keseluruhan, dan film terpapar baik di bawah pipi maupun di siku bawah dari puncak hidung.

Posted By : Evan Yofiyanto @ Evan’s Blog : Kuliah Informatika (kuliahinformatika.wordpress.com)

[FREAX]


Actions

Information

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: