Buku TA : Measurement Based

13 02 2010

Salah satu rintangan utama untuk database citra yang saat ini umumnya digunakan adalah shape retrieval. Shape retrieval dapat dikategorikan ke dalam pencarian exact match dan pencarian similarity-based. Untuk tipe pengembalian apapun, aspek dinamis dari informasi bentuk memerlukan biaya komputasi yang mahal dan metodologi yang canggih dalam area pengolahan citra dan sistem database. Sejauh ini, similarity-based shape retrieval adalah tipe pencarian yang paling populer. Proses ekstraksi dan representasi dari bentuk sebuah obyek merupakan tugas yang relatif sulit dan telah didekati dengan cara yang beraneka macam. Dalam teknik-teknik shape representation yang luas dapat dibagi ke dalam dua kategori yaitu boundary-based dan region-based.

Secara spesifik, metode boundary-based mengutamakan batasan atau kontur dari sebuah bentuk tanpa mempertimbangkan informasi interiornya. Sedangkan, metode region-based mengutamakan kedua-duanya batasan maupun informasi interior dari sebuah bentuk. Akan tetapi, satu kekurangan dari pengkategorian ini adalah menempatkan atribut-atribut bentuk seperti area, elongation, dan compactness ke dalam kedua kategori. Terdapat gambaran lain terhadap teknik-teknik shape representation yang dikategorikan ke dalam metode measurement-based sederhana, berkisar dari ukuran yang sederhana seperti area dan circularity hingga ukuran yang canggih seperti moment invariants yang bervariasi, dan metode transformation-based yang berkisar dari dari transformasi fungsional seperti fourier descriptors hingga transformasi struktural seperti chain codes dan curvature scale space feature vectors. Berbagai percobaan yang dilakukan untuk membandingkan berbagai skema shape representation pun telah dibuat [9].

Pada tugas akhir kali ini, digunakan metode measurement-based dengan fungsi region properties yang disediakan oleh MATLAB 7.0.4 untuk mengekstraksi fitur area dan rasio dari setiap obyek gigi.

Posted By : Evan Yofiyanto @ Evan’s Blog : Kuliah Informatika (kuliahinformatika.wordpress.com)

[FREAX]


Actions

Information

Leave a comment