Buku TA : Lingkungan Perancangan Perangkat Lunak & Perancangan Data Masukan

5 04 2010
3.1. Lingkungan Perancangan Perangkat Lunak

Lingkungan perancangan perangkat lunak yang dibangun meliputi perangkat keras dan perangkat lunak. Spesifikasi lingkungan perancangan secara lebih jelas bisa dilihat pada Tabel 3.1 berikut ini:

Tabel 3.1. Spesifikasi lingkungan perancangan
Lingkungan Spesifikasi
Perangkat Keras Prosesor : Intel Core 2 Duo T5750 @ 2.00 GHz
RAM : 2 GB
VGA : 384 MB
Perangkat Lunak Sistem Operasi : Microsoft Windows XP SP2
Tools : Microsoft Word 2007

Microsoft Visio 2003

3.2. Perancangan Data

Data yang digunakan dalam proses pengklasifikasian gigi dibagi menjadi tiga macam yaitu data masukan, data proses, dan data keluaran. Data masukan merupakan input dari pengguna perangkat lunak. Data proses adalah ketika tahap-tahap pengklasifikasian sedang dilakukan. Sedangkan, data keluaran adalah data yang ditampilkan kepada pengguna perangkat lunak. Penjelasan masing-masing jenis data diberikan sebagai berikut :

3.2.1. Data masukan

Data masukan merupakan data yang dimasukkan oleh pengguna perangkat lunak sebagai trigger sistem pengklasifikasian gigi molar dan premolar pada dental panoramic radiograph. Data ini berupa dataset dari dental panoramic radiograph yang telah didigitalkan dengan resolusi 300 dpi. Citra original dari pendigitalan tersebut disimpan dalam format .tif sebagaimana yang telah dibahas pada batasan masalah tugas akhir ini. Dataset ini berisi lima dental panoramic radiograph yang diambil bagian gigi molar dan premolar-nya saja pada tiap-tiap ujung kanan dan kiri citra sehingga didapatkan sepuluh citra. Dari sepuluh citra tersebut, didapatkan 81 obyek gigi baik jenis molar maupun premolar.  Pada Gambar 3.1 dapat dilihat citra dental panoramic radiograph dan Gambar 3.2 memperlihatkan hasil pemotongan sehingga tersisa gigi molar dan premolar-nya saja sebagai data masukan.

Untuk keperluan uji coba dan evaluasi, obyek gigi ini dibagi menjadi dua yaitu training data dan testing data. Training data merupakan data yang digunakan untuk melatih perangkat luank apakah akurasi data keluarannya telah sesuai dengan apa yang diharapkan. Jika masih belum sesuai, maka perlu dilakukan evaluasi terhadap nilai dari variabel-variabel tertentu yang berpengaruh secara signifikan terhadap jalannya sistem pengklasifikasian gigi ini. Sedangkan, testing data adalah data yang digunakan untuk menguji perangkat lunak setelah dilatih sehingga nilai variabel-variabel yang berpengaruh besar pada akurasi telah mencapai optimal.

Posted By : Evan Yofiyanto @ Evan’s Blog : Kuliah Informatika (kuliahinformatika.wordpress.com)

[FREAX]


Actions

Information

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: