Buku TA : Proses Akuisisi Citra & Proses Radiograph Segmentation

6 04 2010
3.1. Proses Akuisisi Citra

Dental panoramic radiograph diasumsikan telah tersimpan dalam harddisk komputer. Seperti yang telah dijelaskan pada bagian perancangan data, dalam tugas akhir ini digunakan database dental panoramic radiograph sebagai data masukan. Langkah pertama adalah mencari dental panoramic radiograph dari harddisk lokal. Diagram alir dari proses akuisisi citra dapat dilihat pada Gambar 3.4.

3.2. Proses Radiograph Segmentation

Tujuan dari proses radiograph segmentation adalah untuk memisahkan bagian gigi dari bagian latar belakangnya. Masukan dari tahap ini adalah citra original dari dental panoramic radiograph yang bertipe data uint8. Langkah pertama dilakukan dengan mengganti nilai piksel dari tambalan gigi yang terlalu tinggi daripada nilai piksel gigi agar tidak mengacaukan proses binarisasi. Selanjutnya, dilakukan morphological operation dengan top-hat dan bottom-hat operator untuk mempertajam kontras citra. Contrast-Limited Adaptive Histogram Equalization (CLAHE) digunakan untuk memperbaiki kontras dengan membagi citra menjadi bagian-bagian kecil yang disebut tile. Kontras kemudian diperbaiki pada tingkat lokal pada setiap tile.

Selanjutnya, citra dibinarisasikan untuk memisahkan bagian gigi dari bagian latar belakangnya dengan global thresholding menggunakan  metode otsu thresholding. Global thresholding yang dilakukan menerapkan Persamaan 2.1. Setelah proses binarisasi, bagian gigi masih berkontur kasar dan terdapat obyek-obyek kecil sebagai noise. Oleh karena itu, dilakukan penghalusan kontur. Keluaran dari proses ini adalah citra binary hasil radiograph segmentation yang siap digunakan untuk proses teeth separation. Diagram alir proses radiograph segmentation ini dapat dilihat pada Gambar 3.5.

Posted By : Evan Yofiyanto @ Evan’s Blog : Kuliah Informatika (kuliahinformatika.wordpress.com)

[FREAX]


Actions

Information

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: