Buku TA : Proses Ekstraksi Fitur Gigi

6 04 2010

Setelah setiap obyek gigi terisolasi dan terpisah dari gigi lain di sekitarnya, setiap obyek gigi tersebut kemudian diekstraksi fitur-fiturnya dengan metode measurement-based sebagaimana yang telah dijelaskan pada subbab 2.8. Sebelum fitur yang diinginkan diekstraksi, terlebih dahulu dilakukan pelabelan terhadap setiap obyek yang telah terisolasi dan seleksi terhadap obyek untuk menghilangkan noise. Noise tersebut dapat berupa gusi yang luput dari proses radiograph segmentation karena memiliki intensitas tinggi maupun bagian kecil gigi yang terpotong karena proses teeth separation yang kurang sempurna. Seleksi dilakukan dengan pendekatan ukuran dengan asumsi luas minimum dari sebuah obyek untuk dikenali sebagai sebuah gigi adalah 6000 piksel persegi sebagaimana yang telah dijelaskan pada batasan masalah.

Setiap obyek yang lolos seleksi dan dikenali sebagai obyek gigi selanjutnya diekstraksi fiturnya menggunakan fungsi region properties. Fitur yang diekstraksi terdiri dari area yang merupakan luas obyek gigi sebagai pendekatan ukuran dan rasio yang merupakan perbandingan panjang major axis dan minor axis obyek gigi sebagai pendekatan bentuk. Diagram alir proses ekstraksi fitur gigi ini dapat dilihat pada Gambar 3.10.

Posted By : Evan Yofiyanto @ Evan’s Blog : Kuliah Informatika (kuliahinformatika.wordpress.com)

[FREAX]


Actions

Information

One response

9 06 2010
fiqi

mas tolong……..
boleh saya minta file laporan TA mas dalm bentuk MS. Word atau PDFnya???saya tertarik dengan penelitian mas. bwt saya jdikan koleksi dan referensi…
saya masih mahasiswa di unijoyo.
pnelitian mas hanya buat refrensi saja bukan yang lain.thanks…
q tunggu kbaikan mas.🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: