Buku TA : Proses Horizontal Integral Projection

6 04 2010

Pemisahan antara rahang atas dan rahang bawah dilakukan dengan menerapkan horizontal integral projection. Horizontal integral projection bekerja dengan menjumlahkan nilai-nilai piksel secara horizontal dari setiap kolom sebagaimana pada Persamaan 2.2.

Dari hasil penjumlahan tersebut diseleksi sebuah garis horizontal yang berada di sela antara rahang atas dan rahang bawah. Garis tersebut akan menjadi garis inisial dari garis pembatas.

Setelah itu, sepanjang garis tersebut dipecah menjadi beberapa stripe untuk mendapatkan bentuk garis yang tepat. Koordinat dari setiap garis yang dipilih dari masing-masing stripe digambar menjadi sebuah kurva dengan spline. Noise yang berupa obyek-obyek kecil dihilangkan dan setiap titik yang dilalui kurva tersebut selanjutnya diganti nilai pikselnya menjadi 0 untuk menjadi garis pembatas antar rahang. Hasil dari proses horizontal integral projection ini adalah citra binary yang telah disertai dengan garis kurva pemisah yang tepat antara rahang atas dan rahang bawah. Citra binary ini selanjutnya akan diproses pada vertical integral projection. Diagram alir proses horizontal integral projection ini dapat dilihat pada Gambar 3.7.

Posted By : Evan Yofiyanto @ Evan’s Blog : Kuliah Informatika (kuliahinformatika.wordpress.com)

[FREAX]


Actions

Information

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: